Header Ads

KONSERVASI TANAMAN OBAT (KASIAT) DI TALANG MULYA


Hari Jumat 1 Juli 2011 Pengurus Pusat LSM Garuda Sylva (GARSY) melakukan pendampingan pengelolaan Hasil Hutan Non Kayu (HHNK) di wilayah sekitar Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdurrahman Tepatnya di Desa Talang Mulya Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya hutan yang berupa HHNK.

Selama ini persepsi yang terbangun di masyarakat bahwa hutan merupakan wilayah yang hanya menghasilkan kayu semata. Oleh karena itu persepsi tersebut mulai akan dirubah oleh Garsy agar masyarakat dapat lebih memahami keberadaan potensi sumber daya hutan Tahura Wan Abdurrahman sebagai penyangga kehidupan khususnya di Provinsi Lampung.
Konservasi tanaman obat dilakukan untuk memberikan hasil yang maksimal dari HHNK dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan Tahura yang merupakan kawasan pelestarian alam. Kegiatan pendampingan tersebut berupa pembuatan buku jenis-jenis tanaman obat, pembuatan apotek hidup, pengembangan budidaya tanaman obat, pemasaran hasil olahan tanaman obat dan pembuatan warung sylva.


Garuda Sylva sebagai salah satu stakeholder dalam bidang konservasi maka mengajak kerjasama dengan Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) daerah Lampung untuk bersama-sama mendampingi masyarakat di desa Talang Mulya agar menjadi salah satu desa percontohan untuk pengembangan tanaman obat di Indonesia. Hari Sabtu 9 Juli 2011 Garsy akan melaksanakan bakti karya untuk membenahi salah satu tokoh yang mebidangi tentang tanaman obat yaitu Bapak Talen yang nantinya akan dijadikan salah satu rujukan untuk mengembangkan tanaman obat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan jalan yang terang kepada kita semua agar Indonesia menjadi Negara yang kuat dengan didukung oleh sumberdaya manusia yang sehat dengan berawal dari kembali tanaman obat.


7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. waaa..
    mantap banget kegiatannya..

    sangat sepakat dengan isi pesannya..

    salam kenal..

    BalasHapus
  3. hutan lestari rakyat sejahterah

    BalasHapus
  4. bgs bangt programnya ...
    smg dg adanya tanaman obat masyarakat sehat sejahtera.

    BalasHapus
  5. Eko : Terimkasih mas. tapi mohon maaf bisakah dicantumkan nama dan alamt/lembaga serta nmr HP

    Silva_Lestari : Terimaksih, semoga bisa tercapai cita-cita itu.

    Dauz d3 for3st3r : Amiin. Mksih daus, perlu dukungan bersama

    BalasHapus
  6. Sukses terus Garsy...

    Salam Lestari!!!

    BalasHapus
  7. sukses dan mju teruz ...by dedy putra talang mulya,,,yg jauh di sumatera barat

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.