Header Ads

HARI AIR SEDUNIA : Hemat Air Mulai Detik ini

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kelangkaan air bersih yang juga diikuti dengan bencana kekeringan harus ditanggulangi segera. Berperilaku hemat air menjadi satu cara ampuh untuk menjaga stabilitas air bersih di wilayah masing-masing.
Selain untuk menjaga kelestarian air, harus juga dilakukan penanaman pohon sebanyak-banyaknya. Demikian beberapa imbauan yang disampaikan Garuda Sylva (Garsy) pada aksi damai dalam peringatan Hari Air Sedunia, di Simpang Balai Kota Bandar Lampung, Kamis (22-3).
Direktur Eksekutif Garsy Faridh Almuhayat Uhib H. mengatakan kelangkaan air bersih menjadi permasalahan saat ini, karena sumber-sumber mata air tak ada. Banyak sumber mata air berubah menjadi bangunan-bangunan serta penggunaan lainnya.
"Dapat kita rasakan saat ini, begitu banyak bencana kekeringan yang melanda penjuru dunia. Hal inilah yang menjadi keprihatinan bersama. Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjaga keberlangsungan air bersih," kata dia.

Dia juga mengatakan selain menghemat penggunaan air bersih dan penanaman pohon untuk menjaga stabilitas volume air, wajib pula untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan dari berbagai ancaman. Lalu, pihaknya juga mendorong pemerintah membuat kebijakan yang prorakyat tentang penggunaan air bersih. Serta kebijakan sumber daya air yang berkelanjutan guna meningkatkan pembangunan sosial.
Terakhir, dia juga mengharapkan terhindarnya hilangnya privatisasi terhadap sumber-sumber air di Indonesia. Namun, kata Faridh, hemat air bersih diharapkan bukan sekadar seremoni. Namun, kesadaran juga akan terus  digugah melalui kegiatan pendidikan lingkungan hidup untuk anak-anak sekolah secara rutin.
Aksi simpatik diisi dengan pembagian stiker untuk dapat ditempel di kamar mandi. Sehingga dapat menjadi upaya mengingatkan agar hemat air. Sekaligus pembagian leaflet ajakan kepada masyarakat luas. (VER/K-2)

Berita ini diterbitkan di Koran Harian Lampung Post 24 Maret 2012 : http://lampungpost.com/bandarlampung/29172-hari-air-sedunia--hemat-air-mulai-detik-ini.html

2 komentar:

  1. sukses juga ya, salam kenal dari bun ulayat bengkulu

    BalasHapus
  2. Iya bang, saya mengucapkan terima kasih atas komentarnya bang.

    salam,

    faridh almuhayat

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.