Header Ads

Pemetaan untuk Inventarisasi Potensi Hutan Pendidikan Unila

(Unila) Senin (17/10) sore, sekelompok mahasiswa Jurusan Kehutanan berkumpul di sekretariat Garuda Sylva (Garsi). Dulu, organisasi ini didirikan oleh para alumni Jurusan Kehutanan Universitas Lampung (Unila). Sekitar 15 orang mahasiswa berkumpul lengkap dengan peralatan laptop dan LCD untuk mengikuti pelatihan pemetaan.
Hadir sebagai pemateri yaitu alumni Jurusan Kehutanan Rudiyanto, S.Hut., yang juga merupakan mantan Sekretaris Umum Himasylva periode 2008-2009. Ia memberikan materi tentang bagaimana mengolah data lapangan yang masih berupa angka dan dikombinasikan dengan peta dasar suatu wilayah hutan. Ia mengatakan, menggunakan program komputer yang sering digunakan oleh mahasiswa kehutanan yaitu program ArcView GIS 3.3 dan dilengkapi dengan data lapangan yang didapat dari Global Positioning System (GPS) akan menghasilkan output gambar peta yang lengkap dengan potensi yang ada di dalamnya seperti satwa dan jenis-jenis tumbuhannya.
Danang Arif Maulana selaku Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Organisasi Himasylva mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill para mahasiswa kehutanan. Salain itu, juga untuk menginventarisasi potensi hutan pendidikan Unila di Tahura (Taman Hutan Raya) Wan Abdul Rachman yang memiliki luas 1000 hektar.
“Melihat teladan dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yang mempunyai HPGW (Hutan Pendidikan Gunung Walat) yang sudah terkenal di dunia internasional maka kami pun tergerak untuk membuat pula HPGB (Hutan Pendidikan Gunung Betung) di Tahura menjadi seperti di HPGW,” jelas Danang. “Harapannya ke depan selain bisa mengenalkan dan mencitrakan Hutan Pendidikan Gunung Betung kepada para wisatawan, juga agar bisa memanfaatkan tempat ini secara lestari dan berkesinambungan sehingga bisa menjaga kelangsungan dan keberadaaannya,” tandas Danang.


Dapat dibuka di web Kompasiana : http://metro.kompasiana.com/2011/12/02/pemetaan-untuk-inventarisasi-potensi-hutan-pendidikan-unila/ 

http://www.unila.ac.id/index.php/en/pendaftaran/2213-pemetaan-untuk-inventarisasi-potensi-hutan-pendidikan-unila

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.