Header Ads

Panasonic Solar Lanterns Project: Menerangi Desa Mulya Sari dan Pekon Negeri Klumbayan Lampung

Lampung – Hari yang cerah, langit begitu bersahabat, suasana alam yang hijau membayar rasa lelah kami setelah menempuh perjalanan 5 jam dari Kota Bandar Lampung dan hanya dapat diakses oleh kendaraan roda dua. Anak-anak tampak sedang bermain di halaman sebuah rumah papan,  senyuman mereka penuh harapan, kegembiraan mereka tulus tanpa dusta, tetapi semua itu tampak  berbalik hanya dalam beberapa jam saja, ketika malam mulai menyelimuti perkampungan klumbayan itu tampak hanya lampu sentir yang menerangi kamar tempat belajar mereka. Tertinggal, jauh dari akses pendidikan, jauh dari kehidupan yang layak Itulah kondisi Pekon Negeri Klumbayan yang kami datangi. 

“beginilah suasana kalau malam di sini” kata Ambar seorang mahasiswa kehutanan unila yang membawa rombongan kami ke desa ini. Tampak jarang ada kegiatan di malam hari di desa ini, adapun kegiatan mereka malam hari hanya kalau ada acara hajatan, itupun dengan generator dengan biaya operasional yang cukup tinggi. Anak-anak jarang yang bisa belajar karna tidak adanya penerangan. Kondisi ini sudah dijalani masyarakat Pekon Negeri Klumbayan cukup lama dan belum ada penerangan dari PLN. 

Tidak lama beberapa masyarakat berkumpul di rumah pak Slamet, memang malam itu adalah malam yang dinanti-nanti oleh mereka. Kedatangan kami ke desa ini adalah untuk membantu masyarakat dalam memeberikan penerangan khususnya bagi keluarga yang memiliki anak usia wajib belajar.

Garsi memberikan bantuan 100 buah lampu surya (Solar lantern) kepada masyarakat  di dua desa di Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Tanggamus.  Lampu yang memanfaatkan energi cahaya matahari   tersebut merupakan bantuan dari Perusahaan Panasonic.  Bersama Ika Sylva (Ikatan  Alumni Kehutanan Unila) Garsi menyalurkan 70 unit lampu surya kepada masyarakat Desa Mulya Sari, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji yang aksesnya sangat sulit dijangkau.  30 unit lainnya disalurkan oleh Garsi dan Himasylva ke Pekon Negeri, Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus.



Meskipun jaringan listrik nasional telah mencapai kabupaten tersebut, namun masih banyak rumah tangga di daerah tersebut yang belum memiliki akses listrik. Desa Mulya Sari misalnya, untuk menuju ke desa tersebut harus menempuh beberapa jam perjalanan dengan menaiki kapal motor.

Dikembangkan dengan 3.5 Watt panel surya dan built-in baterai isi ulang, lentera surya Panasonic dapat terisi penuh dalam waktu 6 jam di bawah sinar matahari langsung - sumber daya energi yang paling berlimpah dan mudah ditemukan di daerah pegunungan dan pesisir.  Dengan desain yang mudah digunakan dan ringan (0.4kg), lentera surya bisa bertahan antara 6 jam (pada kecerahan maksimum) dan 90 jam (pada kecerahan minimum).

Kegiatan ini merupakan kerja sama Garsi dengan Panasonic yang bertujuan untuk menyumbangkan total 100.000 lentera LED surya sebagai resolusi tantangan sosial yang dihadapi oleh orang-orang yang tinggal di daerah tanpa akses listrik. Program tersebut juga sebagai peringatan 100 tahun berdirinya Panasonic. (imwn)


About Panasonic Solar Lantern
The product to be used in the implementation of the 100 Thousand Solar Lanterns Project in Vietnam is the Panasonic solar lantern (BG-BL03). The Solar lantern has 3 brightness levels which can sustain 6 hours (highest brightness), 15 hours (medium) and 90 hours (low). It also can charge a mobile phone with 5V and 500mA output in 1 hour. The lantern itself weighs only 0.4kg which makes for convenient handling. It can be charged within 6 hours (under direct sunlight) via the attached 3.5W solar panel with a glass cover that is easy to clean. In short, the solar lantern can fully charge during day time and provide sufficient light for living activities during night-time with reliable durability.

For more information about the solar lantern, pleasevisit: http://panasonic.net/sustainability/en/lantern/2017/03/donation-indonesia.html

About Panasonic
Panasonic Corporation is a worldwide leader in the development and engineering of electronic technologies and solutions for customers in residential, non-residential, mobility and personal applications. Since its founding in 1918, the company has expanded globally and now operates about 500 consolidated companies worldwide, recording consolidated net sales of 7.74 trillion yen for the year ended March 31, 2014. Committed to pursuing new value through innovation across divisional lines, the company strives to create a better life and a better world for its customers. For more information about Panasonic, please visit the company's website at http://panasonic.net/.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.